Bagaimana Menulis Proyek Penelitian atau Disertasi Tahun Terakhir

Sebuah proyek penelitian dapat dilihat sebagai perluasan pekerjaan masa lalu di suatu bidang. Proyek penelitian dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan lebih lanjut tentang suatu topik, atau dalam contoh proyek penelitian tahun terakhir sekolah, mereka dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penelitian siswa guna mempersiapkan mereka untuk pekerjaan atau laporan di masa depan. Bimbel Priority PTN Untuk menguji validitas instrumen, prosedur, atau eksperimen, penelitian dapat mereplikasi elemen proyek sebelumnya atau proyek secara keseluruhan. Ini terdiri dari Proposal, Abstrak, Daftar Isi, Daftar Gambar, Daftar Tabel, Daftar Lampiran, Daftar Singkatan, Pendahuluan, Tinjauan Pustaka, Analisis dan Penyajian Data, Metodologi dan Analisis Sistem, Implementasi Sistem, Ringkasan, Rekomendasi, Kesimpulan , Referensi / Bibliografi, Kuesioner, Tangkapan Layar Perangkat Lunak dan Kode Sumber.

Di institusi Nigeria termasuk Universitas, Politeknik dan Monoteknik (Sekolah Tinggi Pendidikan), proyek penelitian biasanya dilakukan pada semester terakhir dari sesi akademik tahun terakhir. Ini memiliki unit kredit terbesar (sebanyak 6) di sebagian besar sekolah. Karena itu, setiap siswa Nigeria ingin membuat perbedaan (A) di atasnya untuk meningkatkan kinerja akademis mereka secara keseluruhan dari program gelar. Tidakkah Anda juga ingin membuat perbedaan? Tentu, kamu mau. Mari kita lihat bagaimana Anda dapat dengan mudah menulis proyek penelitian tahun terakhir yang membuat perbedaan.

Bagaimana Menulis Proyek Penelitian Tahun Terakhir

  1. Pilih topik proyek yang tepat.
  2. Kembangkan pertanyaan penelitian.
  3. Laporkan penelitiannya.
  4. Memilih topik proyek yang tepat

Mengingat tekanan untuk memulai proyek penelitian dengan cukup cepat, banyak siswa yang sampai pada titik ini tanpa pertanyaan penelitian khusus. Ini bisa menyebabkan kecemasan dan bahkan kepanikan. Namun demikian, situasi yang umum terjadi. Ada beberapa cara ke depan:

  1. Bicaralah dengan orang lain: topik apa yang sedang dipertimbangkan siswa lain? Apakah ini memicu minat? Jangan menunggu sampai Anda memiliki pertanyaan penelitian yang lengkap sebelum mendiskusikan ide-ide Anda dengan orang lain, karena komentar dan pertanyaan mereka dapat membantu Anda menyempurnakan fokus Anda.
  2. Lihatlah tulisan lain: sisihkan waktu untuk dihabiskan di perpustakaan, membaca sekilas judul makalah penelitian di bidang Anda selama lima tahun terakhir, dan membaca abstrak dari yang menurut Anda paling menarik.
  3. Lihatlah disertasi siswa sebelumnya di departemen Anda: topik dapat memberi Anda inspirasi, dan mereka mungkin memiliki saran yang berguna untuk penelitian lebih lanjut.
  4. Pikirkan tentang minat Anda sendiri: topik mana yang menurut Anda paling menarik, dan adakah elemen yang dapat dikembangkan menjadi proyek penelitian?
  5. Apakah ada topik terkait yang menarik bagi Anda yang belum tercakup dalam silabus, tetapi sesuai dengan teori atau metodologi yang Anda gunakan?
  6. Bersikaplah ekstra kritis: adakah sesuatu dalam kursus Anda sejauh ini yang membuat Anda skeptis, atau yang menurut Anda perlu dipelajari lebih lanjut?
  7. Baca tentang topik yang menarik dan terus ajukan pertanyaan ‘Mengapa?’ Ini mungkin mengidentifikasi pertanyaan penelitian yang bisa Anda tangani.
  8. Kunjungi situs web tepercaya yang menawarkan topik dan materi proyek penelitian untuk siswa tahun terakhir di Nigeria dan lihat topik proyek yang tersedia di platform. Anda juga dapat mencari topik dan materi proyek gratis PDF & DOC untuk meminimalkan biaya Anda.

Ingatlah bahwa studi penelitian dapat:

Kirim dan diskusikan topik proyek yang Anda usulkan dengan anggota staf akademik Bimbel Kedinasan yang ditugaskan untuk mengawasi proyek Anda. Asalkan mereka merasa bahwa mereka cukup tahu tentang subjek untuk mengawasinya, dan asalkan dapat ditafsirkan sebagai termasuk dalam bidang luas subjek gelar Anda, staf akademik umumnya terbuka untuk saran.

Anda harus berpikir secara realistis tentang implikasi praktis dari pilihan Anda, dalam hal:

  1. persyaratan waktu;
  2. perjalanan yang diperlukan;
  3. akses ke peralatan atau ruang kamar;
  4. akses ke populasi yang diminati; dan
  5. kemungkinan biaya.

Misalnya, proyek ilmu komputer tentang desain dan implementasi sistem keamanan kafe dunia maya di Kano, Nigeria mungkin mengharuskan Anda mengunjungi kafe maya (pusat komputer / bisnis) di Kano untuk mewawancarai pemilik perusahaan TIK dari wilayah tersebut. Meskipun Anda bisa mendapatkan topik dan materi proyek ilmu komputer secara gratis, apakah ini sesuatu yang telah Anda persiapkan dan lakukan? Jika pertimbangan praktis yang terkait dengan ide penelitian Anda tidak realistis, Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda bersedia untuk memodifikasi atau mempertimbangkan kembali proyek Anda.

Mengembangkan pertanyaan proyek penelitian tahun terakhir

Setelah topik Anda diterima oleh departemen Anda, Anda perlu memulai proses penyempurnaan topik dan mengubahnya menjadi sesuatu yang cukup fokus untuk memandu proyek penelitian tahun terakhir Anda. Coba gambarkan sebagai masalah penelitian yang menetapkan:

masalah yang akan Anda selidiki;

  • argumen atau tesis Anda (apa yang ingin Anda buktikan, sangkal, atau gali); dan
  • batas-batas penelitian Anda (yaitu apa yang tidak akan Anda selidiki).
  • Melaporkan penelitian

Saat Anda melakukan penelitian, Anda cenderung menyadari bahwa topik yang Anda fokuskan ternyata lebih kompleks daripada yang Anda sadari saat pertama kali mendefinisikan pertanyaan penelitian Anda. Penelitian ini tetap valid meskipun Anda sekarang menyadari ukuran dan kompleksitas masalah yang lebih besar. Keterampilan penting dari peneliti adalah mendefinisikan dengan jelas batasan penelitian mereka dan mematuhinya. Anda mungkin perlu merujuk pada masalah yang lebih luas; ke bidang sastra terkait; atau metodologi alternatif; tetapi Anda tidak boleh dialihkan untuk menghabiskan terlalu banyak waktu untuk menyelidiki bidang yang relevan, terkait, tetapi terpisah dengan jelas.

Memulai menulis penelitian Anda bisa jadi menakutkan, tetapi penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu tidak hanya untuk menulis penelitian Anda tetapi juga untuk meninjaunya secara kritis, kemudian meluangkan waktu untuk mengedit dan memperbaikinya. Kiat-kiat berikut akan membantu Anda melakukan transisi dari penelitian ke penulisan:

Dalam rencana penelitian Anda, Anda perlu menentukan waktu kapan Anda akan berhenti meneliti dan mulai menulis. Anda harus tetap berpegang pada rencana ini kecuali jika Anda memiliki alasan yang sangat jelas mengapa Anda perlu melanjutkan penelitian lebih lama.

Beristirahatlah dari proyek Anda. Ketika Anda kembali, lihat tanpa perasaan apa yang telah Anda capai dan tanyakan pada diri Anda pertanyaan: ‘Apakah saya perlu melakukan lebih banyak penelitian?’

Bicaralah dengan supervisor Anda tentang kemajuan Anda. Tanyakan kepada mereka apakah Anda masih perlu mengumpulkan lebih banyak data.

Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mencapai semuanya dalam disertasi Anda. Bagian di mana Anda mendiskusikan ‘Pekerjaan Lebih Lanjut’ Bimbel bahasa inggris di akhir disertasi Anda akan menunjukkan bahwa Anda memikirkan tentang implikasi pekerjaan Anda bagi komunitas akademis.

Ringkasan

  1. Pikirkan baik-baik tentang topik proyek penelitian tahun terakhir Anda dan pastikan bahwa itu cukup terfokus.
  2. Tulis proposal proyek penelitian tahun terakhir secara rinci untuk membantu Anda mengantisipasi isu / masalah yang akan Anda hadapi.
  3. Luangkan waktu untuk perencanaan dan pertahankan rencana Anda.
  4. Bekerja sama dengan supervisor Anda dan hormati waktu serta saran yang mereka berikan kepada Anda.
  5. Bersikaplah teratur dan buatlah catatan rinci saat Anda melakukan survei literatur dan pengumpulan data.
  6. Buat keputusan yang jelas tentang penghentian pengumpulan data.
  7. Pindahlah secara positif ke dalam menulis penelitian Anda.
  8. Alokasikan cukup waktu untuk meninjau dan mengedit tulisan Anda.
  9. Ingatlah bahwa Anda tidak dapat mencapai semuanya dalam disertasi Anda, tetapi Anda dapat secara kritis menilai apa yang telah Anda lakukan, dan menguraikan ide-ide untuk penelitian lebih lanjut yang relevan.

Semoga berhasil!

Reply